Kamis, 02 Desember 2010

Macam macam makna kata dalam puisi

MACAM MACAM MAKNA
1. MAKNA LUGAS
2. MAKNA KIAS
3. MAKNA LAMBANG
4. MAKNA UTUH

1. MAKNA LUGAS
    Lugas artinya polos, bersahaja, murni, sebenarnya. makna lugas artinya makna yang sebenarnya atau dengan istilah lain di sebut denotasi. lawannya konotasi atau makna tambahan.
sebagian besar kata-kata yang kita pakai dalamkalimat adalah makna lugas.
    Demikian pulka, puisi yang berisi kata-kata yang memakai makna lugas agak mudah dipahami.
2. MAKNA KIAS
    Pemakaian kiasan dapat membantu dan merangsang imajinasi atau daya bayang pembaca untukmelukiskan apa yang sedang dibacanya itu dalam angan angan sendiri
    Pada puisi "pengimajian" itu amat penting karena merupakan"jiwa" atau kekuatan hidup sebuah puisi.
    Memahami sebuah puisi berarti mengungkapkan perasaan pengarangnya. Ini memang agaksukar. Kata-katanya tidak selalu bermaknalugas. Kata-kata kiasan sangat banyak dipakai pengarang untukmembantu mengungkapkan perasaannya dengan tepat.
memakai kata-kata kias akan menghasilkan makna kias yang cermat, tajam,dapat membantu pengimajian yang jelaslagi hidup.
3. MAKNA LAMBANG
    Ada beberapa kata kias yang menghasilkan maknalambang atua makna simbolis. Kita tahu apa yang dilambangkan oleh "merah putih", "banteng", "kapasa","padi","rantai", dan sebagainya.
4. MAKNA UTUH
    Yang dimaksud makna utuh ialah maknalengkap dari sebuah puisi yang sedang kita telaah.
     Yangtahu dengan tepat makna utuh sebuah puisi, tentu pengarangnya sendiri. Kita para pembaca hanya dapat semaksimalmungkin berusaha memahaminya. setidak-tidaknya kita dapat mendekati maksud si pencipta puisi. Untuk sampai kepada taraf pemahaman sebuah puisi seutuhnya atau selengkapnya,perlu pengetahuan makna yang telah kita bicarakan di muka. Kata harus mamapu menginterpretasikan atau menafsirkan maknakeseluruhan sebuah puisi yang hendak kita ktelaah.


bersambung........

2 komentar: