Senin, 27 Desember 2010

Abstrak Skripis

ABSTRAK
Judul : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DALAMPBM PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI
(Penelitian di kelas IV SDN Padasuka II Samarang Garut)

Dalam perkembangan dunia pendidikan Indonesia, sering kita dibuat bangga dengan sgudang prestasi yang diraih para pelajar kita di dunia internasional. Tetapi sering pula kita dibuat miris oleh para tunas bangsa ini di kandang sendiri. Mereak berlaku sesuai ego hatinya, tanpa memikirkan resiko yang akan mengikuti semua keberanian mereka tersebut. Bukanmenjadi rahasia lagi, ketika dalam berbagai pemberitahuan dalam negeri sering dikemukakan mengenai pelanggaran pelanggaran yang dilakukan oleh para pelajar ini. Seperti kasus tawuran, narkoba, sex bebas, video porno, aborsi dan lain-lain yang sebnarnya tidak pantas dilakukanoleh seorang pelajar. Hal ini disebabkan salah satunya oleh factor cara belajar PAI yang kurang berkembang, danmungkin masih banyak kendala keberhasilannya, antara lian seorang guru menilai terlalu banyak materi yang harus dicapai dalam kurikulum dan mau tidak mau harus disampaikan kepada siswa sehingga sisiwa terpaksa “dicekoki” begitu saja, sementara peluang waktu dirasa terlalu sempit, apalagi jika system semester ini, sehingga seorang guru dikejar target kurikulum yang harus dicapai, belum lagi dihadang oleh waktu libur dan har-hari produktif.
Salah satu alternative metode pembelajaran yang dapat dilaksanakan dlaam KTSP ini adalah metode Contextual Teaching Learning (CTL). CTL merupakan suatu konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuanyang dimilikinya, dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga danmasyarakat. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Karena Contextual Teaching Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan merekasebagai anggota keluarga dan masyarakat, dengan konsep itu hasil belajar diharapkan lebih bermakna bagi siswa.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Model CTL (kontektual Teaching Learning); Prestasi Belajar Siswa; hubungan antara Model CTL dalam PBM PAI dan prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SDN Padasuka II Pasirwangi Garut. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. metode ini digunakan dengan cara penyajian bahan pelajaran, di mana siswa dapat melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari, atau bisa juga dikatakan suatu cara untuk mencari hubungan sebab akibat (hubungan klausal) antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti dengan mengeliminasi atau mengurangi atau menyisihkan faktor-faktor lain yang bisa menganggu.
Untuk mengambil data, penulis menyebarkan angket masing–masing sepuluh soal kepada 49 orang responden dengan option pilihan ganda. Dari hasil angket tersebut untuk Penerapan Sistem modul diperoleh nilai sebesar 40.95, maka data variable X ini termasuk kriteria sangat tinggi, karena nilai rata-rata tersebut berada dalam daerah interval 41-50 (sangat tinggi). Dan untuk Prestasi Belajar Siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 37.34, maka data variable Y ini termasuk kriteria tinggi, karena nilai rata-rata tersebut berada dalam daerah interval 31-40 (tinggi). Dari hasil penelitian tersebut diperoleh nilai Koefisien korelasi antara variable X (Penerapan Sistem Modul) dengan Variabel Y (Prestasi Belajar Siswa) di SDN Babakanloa 1 Pangatikan Garut, menunjukan korelasi 0.49, maka ternyata korelasinya “sedang”. Dengan demikian menurut hasil perhitungan statistik Penerapan Sistem Modul memiliki pengaruh sebesar 13% terhadap Prestasi belajar, dengan demikian masih ada factor Epsilon yang berpengaruh terhadap kualitas guru sebesar 87%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar